Minggu, 03 Juli 2011

NASA: pesawat atlantis siap berangkat


WASHINGTON – Pesawat ulang-alik Atlantis siap untuk berangkat untuk misi terakhirnya ke Internasional Space Station (ISS) pada tanggal 8 Juli, ungkap pihak National Aeronautics and Space Administration (NASA).

NASA mengatakan bahwa Atlantis akan berangkat dari Kennedy Space Center di Florida pada pukul 11:26 pagi waktu setempat. Demikian seperti yang dikutip dari AFP, Rabu (29/6/2011).

“Para petinggi NASA dalam rapatnya sudah membahas misi Atlantis secara keseluruhan, termasuk peralatan, sistem dukungan, resiko dan kesiapan kru,” ujar pihak NASA.

Misi terakhir dari pesawat yang sudah berumur 30 tahun tersebut bernama STS-135, dan akan berlangsung selama 12 hari. Misi tersebut akan menyertakan empat awak astronot Amerika Serikat (AS).

Setelah Atlantis kembali ke Bumi, program pesawat ulang-alik AS akan resmi berakhir, membuat Russia sebagai sebagai satu-satunya negara yang mampu menerbangkan manusia ke luar angkasa.

Namun perusahaan-perusahaan swasta kini sudah bersaing untuk membuat generasi terbaru pesawat luar angkasa, yang nantinya proses tender akan dilakukan oleh pihak NASA.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa pesawat luar angka generasi terbaru tersebut baru akan selesai pada tahun 2015.
(ATA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post