Minggu, 17 Juli 2011

5 Universitas Yang Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka

Nih gan 5 univ tertua di indonesia yg dah ada sebelum indonesia merdeka,.,kali aja ada agan dan agan wati yg kuliah di univ ini. Sebelumnya 10 Universitas Terbaik Dunia, Termasuk Indonesia kah? dan Rayakan Kelulusan, Lima Pria Lari Telanjang Keliling Kampus

5. Universitas Islam Indonesia:

Tahun berdiri : 8 Juli 1945
Singkatan : UII
Anda juga pasti tahu tentang UII, apalagi jika anda berada di Yogya. Universitas ini berdiri dengan nama “Sekolah Tinggi Islam”, dengan menyediakan ilmu-ilmu studi tentang Agama Islam. Universitas pertama dan tertua di yogyakarta ini kemudian mendapat respon yang baik dari masyarakat sehingga berkembang menjadi Universitas Islam Indonesia pada 4 Juni 1948. Perkembangan tersebut juga mempengaruhi program studi yang diajarkan. Program studi modern pun ditawarkan seperti Manajemen dan Ilmu Hukum. Program studi Ilmu Hukum ini kemudian menjadi jurusan favorit pertama di UII. Lulusan FH UII pun sekarang sudah kita kenal seperti Mahfud MD, ketua Mahkamah Agung. Di beberapa institusi pemerintahan di Jakarta, alumni FH UII termasuk salah satu alumni yang banyak dicari.dan universitas ini menjadi satu-satunya univ swasta tertua di indonesia*kebetulan ane mahasiswa di univ sini juga gan



4. Institut Pertanian Bogor:
Tahun berdiri : 1938
Singkatan : IPB
Perguruan tinggi yang satu ini memang sudah terkenal sejak dulu dan merupakan 5 besar perguruan tinggi negeri terfavorit Indonesia. Kampus yang satu ini termasuk perguruan tinggi bentukan Belanda (VOC) yang terdiri atas Middelbare Landbouw School (Sekolah Pertanian), Middelbaar Bosbouw School (Sekolah Kehutanan) dan Nederlandsch Indische Veeartsen School (Sekolah kedokteran Hewan). Hingga tahun 1940, sekolah yang masih bertahan hanya NIVS. Kemudian sekolah ini berganti rupa menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran hewan (PTKH). Sekolah Pertanian (Landbouw Hogeschool) dibuka kembali namun dibawah naungan Universiteit van Indonesie (UI). Hingga akhirnya melepaskan diri pada 1 September 1963 dan menjadi Institut Pertanian Bogor dengan 5 fakultas. Sebagai Sekolah Pertanian pertama di Indonesia, tentunya IPB menyediakan program studi yang cukup lengkap di bidang pertanian, perairan, perikanan, dan tentunya Fakultas Kedokteran Hewan pertama di indonesia yang sudah berpengalaman. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin dinamis membuat IPB tak lagi terkenal menjadi institut pertanian, namun menjadi “Institut Perbankan Bogor”. Ini dikarenakan alumni IPB yang dominan bekerja di perbankan baik BUMN maupun swasta.


3. Institut Teknologi Bandung:
Tahun berdiri : 1920
Singkatan : ITB
Inilah perguruan tinggi teknik favorit nomor 1 di Indonesia. Namanya sudah mendunia, karena masuk dalam jajaran 300 universitas terbaik dunia dan 50 best engineering school Asia. Kampus ini juga bentukan Belanda (VOC) yang bernama Technische Hooge School (THS). Setelah 39 tahun berjalan, akhirnya THS berubah menjadi ITB pada 2 Maret 1959. Menurut passing grade SNMPTN, ITB memiliki passing grade tertinggi se-Indonesia untuk Program Studi Teknik Informatika. ITB juga mengalami perubahan kurikulum. Mahasiswa yang diterima jalur SNMPTN harus mengikuti matrikulasi selama 1-2 semester untuk di lihat kemana minat dan kemampuan tiap mahasiswa. Selain itu, ITB juga mengelompokkan program studinya berdasarkan kemiripan bidang studi dalam bentuk sekolah-sekolah seperti Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI), Sekolah Arsitektur, Perencanaan & Pengembangan kebijakan (SAPPK), Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF) dan yang paling terbaru dan terkenal adalah Sekolah Bisnis & Manajemen (SBM) ITB. Di mata perusahaan, terutama perusahaan minyak dan tambang (BUMN dan Swasta), alumni ITB adalah nomor 1 yang paling dicari.



2. Universitas Airlangga:
Tahun berdiri : 1 Juli 1913
Singkatan : Unair
Universitas tertua di jawa timur dan tertua kedua Indonesia ini terletak di kota Surabaya. Pada mulanya Unair merupakan Sekolah Kedokteran bentukan belanda (VOC) yang bernama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS). Selain belajar tentang kedokteran umum, NIAS juga mengajarkan Ilmu Kedokteran Gigi. Pada akhirnya terbentuklah pula sekolah kedokteran gigi yang dinamakan School tot Opleiding Van Indische Tandartsen (STOVIT). Sekolah ini merupakan Sekolah kedokteran Gigi pertama di Indonesia yang kini dikenal dengan sebutan FKG Unair. Kampus ini menjadi Universitas Airlangga pada 10 November 1954. Unair memang dikenal masyarakat sebagai kampus spesialis ilmu medis. Selain karena sejarahnya, ini juga diakibatkan Unair memiliki program studi medis terlengkap di Indonesia, mulai dari Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Dokter Hewan, Keperawatan, keperawatan Gigi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, Radiologi, Rekam Medis, dan lain-lain. Hal ini yang membuat Unair menjadi 5 besar perguruan tinggi negeri terfavorit Indonesia, khususnya program studi berbau medis.



1. Universitas Indonesia:
Tahun berdiri : 1851
Singkatan : UI
Ya, anda sudah bisa menebak. UI merupakan universitas tertua di Indonesia. Kampus yang terletak di kawasan “hutan” depok ini merupakan Sekolah Kedokteran pertama di Indonesia dan juga merupakan Sekolah Hukum pertama di Indonesia. Sejarah ini berawal dari tahun 1851, dimana VOC mendirikan sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan. Sekolah tersebut selama 2 tahun dengan gelar “Dokter Jawa”. Tahun 1875 gelar diubah menjadi “Dokter Medis” dengan masa pendidikan selama 7 tahun. Inilah yang menjadi cikal bakal sistem pendidikan kedokteran di Indonesia yaitu selama 6-7 tahun. Tahun 1898, VOC mendirikan sekolah baru bernama School tot Opleiding Van Indische Artsen (STOVIA) dan Retch Hogeschool (RHS). Sekolah ini yang tetap bertahan hingga sekarang dan dikenal dengan sebutan FK UI dan FH UI. Universitas Indonesia sendiri berubah menjadi universitas yang solid pada 2 Februari 1950. UI merupakan kampus terfavorit nomor 1 di Indonesia. Pendaftar di UI cukup tinggi, tidak hanya melalui SNMPTN, namun juga SIMAK UI. Program Studi favorit di UI adalah Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum dan Psikologi. Selain difavoritkan oleh calon mahasiswa, UI juga difavoritkan oleh calon pemberi kerja alias perusahaan. UI sendiri kini menjadi “branded” tersendiri bagi masyarakat, karena mahasiswa dan alumni UI selalu dicap “pintar”, meskipun pada kenyataannya tidak semua seperti itu. Menurut persepsi perusahaan, Akuntansi UI merupakan favorit bagi “The Big Four” Price WaterhouseCooper (PWC). Sementara itu, FH UI dan FISIP UI, paling banyak bekerja di bidang pemerintahan seperti Kementrian Hukum & HAM, Kejaksaan Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi, Mahkamah Konstitusi, anggota DPR dan Partai Politik. Kedokteran UI juga banyak menghasilkan peneliti ahli, profesor-profesor di fakultas kedokteran ternama, maupun anggota di lembaga seperti Kementrian Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post