Rabu, 29 Juni 2011

Lawan Gaya Gravitasi, Insinyur Matematika Menangkan Penghargaan

Lawan Gaya Gravitasi, Insinyur Matematika Menangkan Penghargaan - Kokichi Sugihara, insinyur matematika di Meiji University, Jepang, menciptakan alat yang berupa empat jalur landai yang dapat membuat kelereng bergulir ke atas. Keempat jalur tersebut disusun sedemikian rupa hingga bertemu di satu titik dan melawan gaya gravitasi.

Namun sebenarnya, alat yang diciptakan Sugihara tersebut justru memanfaatkan gravitasi untuk menggerakkan kelereng. Gerakan kelereng yang seolah-olah bergulir ke atas dan berhenti di titik tengah perpotongan keempat lajur hanyalah ilusi. Kelereng yang bergulir ke atas hanya dapat terlihat jika dipandang dari sudut tertentu. Jika dipandang dari sisi lain, kelereng tetap bergerak sesuai gaya gravitasi.

Sugihara menciptakan alat tersebut untuk mengikuti kontes 2010 Best Illusion of the Year. Karyanya itu berhasil menjadi pemenang pertama dan memperoleh penghargaan sebagai Best Illusion of the Year. Kontes yang tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan ke-6 akan memamerkan karya para pemenangnya pada 10 Mei mendatang di Philharmonic Center for the Arts di Naples, Florida. Kontes itu sendiri merupakan salah satu bagian dari rangkaian pertemuan tahunan Vision Sciences Society.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post