Kamis, 16 Juni 2011

Hii... Gerhana Bulan Dianggap Bawa Penyakit


Fenomena gerhana bulan total, Kamis (16/06/2011) dini hari tadi bagi masyarakat Madura disebut 'Bulen Gering'. Fenomena alam ini dianggap akan membawa bencana kecil dan penyakit.

"Pokoknya jangan sampai melewatkan bulan purnama, bisa-bisa tanaman dan hewan ternak kita bakalan terkena penyakit," kata Mbah Harjo, tokoh masyarakat Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto.

Dia menambahkan, dari cerita yang disampaikan leluhurnya atau kakek neneknya, gerhana bulan sebagai bentuk hadirnya ilmu hitam dan bangkitnya iblis pembawa bala. Sehingga, agar tidak terkena ilmu hitam atau penyakit di saat bulan purnama, tumbuhan, hewan dan manusian harus bangun hingga selesai 'Bulen Gering'.

"Kalau malam hewan, tumbuhan dan manusian istirahat tidur, jika ada bulan purnama harus dibangunkan, biar tidak terkena ilmu hitam dan penyakit. Kalau bangunan tanaman, tumbuhan dan hewan ternak dengan dipukul tapi jangan terlalu keras, yang penting bangun," ujar Lamin, pemilik warung kopi di Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Rowokangkung.

Gerhana bulan yang terjadi pada Kamis (16/6/2011) dini hari ini merupakan yang pertama kali terjadi pada tahun 2011. Gerhana bulan kali ini adalah yang terlama dalam 100 tahun terakhir. sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post